Tes SEPIA Modus adalah alat yang cukup akurat untuk mengetahui kecerdasan Anda yang dominan.

Silahkan gunakan SEPIA Modus Quick Test.

Mana yang penting, potensi kecerdasan seseorang atau penggunaan dari potensi kecerdasan tersebut? Walaupun keduanya penting, dalam kehidupan sehari-hari penggunaan kecerdasan memegang peran lebih penting. Bila seseorang memiliki potensi kecerdasan tinggi namun tidak menggunakannya (karena tidak sadar atau tidak berkehendak) maka potensi kecerdasannya itu tidak berguna.

Karena mengukur potensi kecerdasan seseorang sangat sulit (kabarnya kita hanya menggunakan 2 persen saja dari seluruh potensi otak!) maka lebih praktis untuk mengenali sejauh mana kita telah menggunakan potensi kecerdasan kita. Melalui kebiasaan-kebiasaan dari perilaku sehari-hari kita dapat menduga sejauh mana kecerdasan yang ada dalam diri seseorang telah digunakan. Pola penggunaan kecerdasaan oleh seseorang ini kami sebut sebagai SEPIA MODUS.

Untuk mengkaji secara utuh kecerdasan manusia, sebenarnya dibutuhkan minimal 3 alat tes, yaitu :

  1. alat untuk mengukur kapabilitas maksimum kecerdasan
  2. alat untuk mengukur hasil pencapaian aktual kecerdasan saat ini
  3. alat untuk melihat kecenderungan penggunaan kecerdasan

Alat pertama sebagian telah dikembangkan para psikolog misalnya tes IQ.
Alat kedua juga telah dikembangkan psikolog misalnya achievement test.

Alat ketiga adalah tujuan dari Tes SEPIA Modus ini, yaitu kita hanya ingin melihat pola penggunaan kecerdasan dari seseorang. hasil tes ini hanya menunjukkan kecenderungan natural penggunaan potensi kecerdasan, namun tidak mengukur seberapa tinggi kemampuan kecerdasan seseorang.
Artinya, boleh jadi sebenarnya seseorang itu mempunyai keunggulan di berbagai domain kecerdasaannya, namun karena faktor pendidikan, motif, dorongan lingkungan, maupun pengalaman masa lalu, maka beberapa domain kecerdasan akan lebih menonjol.

Misalnya, seseorang yang berprestasi bagus di sekolah, sering juara kelas, maka secara natural akan mengandalkan domain IQ untuk survive di masyarakat, karena dari pengalamannya dia selalu mendapat hormat karena prestasi belajarnya.
Seseorang yang lain mungkin sangat bodoh di kelas, namun dia disukai karena pandai bergaul, baik hati, suka menolong. Maka untuk survive secara natural dia akan mengembangkan EQ sebagai bekal utama.
Seseorang yang lain mungkin bodoh dan malas, karena itu dia mengembangkan strategi, siasat, dan kecerdikan lain untuk survive. Maka domain PQ dia akan menonjol.

Kebanyakan orang akan menonjol dalam 2 domain kecerdasan, yang menunjukkan tipikal cara orang tersebut untuk berperan dalam komunitas masyarakat nantinya.

Apa kecerdasan yang paling sering Anda pakai? Intelektual IQ? Power IQ? Atau Spiritual IQ?

Temukan jawabannya lewat SEPIA Modus Assessment Tool.

1 Response to “Tes SEPIA Modus”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: